DOWNLOAD HIGHER ORDER THINKING SKILLS ( HOTS ) KURTILAS

Assalamualaikum. Salam Sejahtera dan Edukasi

Pada kesematan kali ini saya akan sedikit menengahkan materi mengenai Higher Order Thinking Skills (HOTS).
Peningkatan keterampilan berfikir tingkat tinggi telah menjadi salah satu prioritas dalam pembelajaran matematika sekolah.  Permen 22 Tahun 2006 (Standar Isi) menyatakan mata pelajaran Matematika diberikan kepada semua peserta didik untuk membekali mereka dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama.  Pada dokumen ini ditegaskan pula bahwa pembelajaran matematika sekolah bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.  Pertanyaannya adalah: Bagaimana kita sebagai guru memfasilitasi siswa untuk menjadi pemikir (thinker) dan pemecah masalah (problem solver) yang lebih baik?  Jawabnya sederhana: Jadikan kelas matematika sebagai tempat bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan berfikir mereka.

Pengajaran keterampilan berfikir dilandasi dua filosofi.  Pertama harus ada materi atau pelajaran khusus tentang berfikir.  Kedua, mengintegrasikan kegiatan berfikir ke dalam setiap pembelajaran matematika.  Dengan demikian, keterampilan berfikir terutama berfikir tingkat tinggi harus dikembangkan dan menjadi bagian dari pelajaran matematika sehari-hari.  Dengan pendekatan ini, keterampilan berfikir dapat dikembangkan dengan cara membantu siswa menjadi problem solver yang lebih baik.  Untuk itu, guru harus menyediakan masalah (soal) yang memungkinkan siswa menggunakan keterampilan berfikir tingkat tingginya.


Download File
Sekian postigan kali ini tentang Higher Order Thinking Skills (HOTS), mudah-mudahan dengan adanya ini bisa membantu bapak/ibu guru dan rekan rekan dalam pekrjaan dan sebagai pandangan dengan adanya ini, semoga bermananfaat dan berguna . Terima Kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "DOWNLOAD HIGHER ORDER THINKING SKILLS ( HOTS ) KURTILAS"

Posting Komentar