SOFTWARE APLIKASI UNTUK MEMBUAT SOAL TINGKAT SD/SMP/SMA OTOMATIS

Assalamualaikum. Salam Sejahtera dan Edukasi

Pada kesempatan kali saya akan memberitahu kepada Bapak/Ibu guru untuk membuat Aplikasi untuk membuat soal tingkat SD/SMP/SMA.
Penilaian hasil belajar merupakan bagian dari evaluasi belajar yang digunakan sebagai sarana mengukur kemampuan atau perilaku yang dapat dicapai oleh peserta selama dan setelah proses belajar. Kawasan kemampuan kompetensi yang diukur mencakup pengetahuan,keterampilan dan sikap. Penilaian terutama dilakukan terhadap apa yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran yang dilakasanakan , capaian hasil yang diingkan dalam proses pembelajaran dirumuskan dalam tujuan pembelajaran.

Untuk mengukur kemampuan yang dicapai, diperlukan alat ukur (soal) yang valid, realiabel, daya diskriminasi tinggi,tingkat kesukaran tepat, komprehensip, dan efisien. Salah satu metode yang umum dipakai dalam penilaian hasil belajar, terutama untuk mengukur kemampuan pengetahuan (cognitive) peserta adalah berbentuk tes uraian,dan sarana dalam melakukan evaluasi dengan menggunakan tes tertulis adalah berbentuk soal.

Langkah-langkah penyusunan soal sebagai sebuah proses, maka dalam penyusunan soal harus mengikuti langkah-langkah berikut :
  1. Pilih materi atau topik yang tepat untuk diangkat menjadi bahan ujian.
  2. Tentukan dari materi atau topik terpilih tersebut, bagian mana yang tepat untuk dijadikan soal dengan bentuk pilihan ganda atau benar-salah atau isian, atau uraian, atau ujian praktek.
  3. Buat kisi-kisi soalnya yang disesuaikan dengan indikator capaian dalam setiap materi atau topik terpilih.
  4. Tulis soal mengacu pada indikator sebagaimana dituangkan dalam kisi-kisi.
  5. Tulis kunci jawaban ( untuk soal selain uraian ) atau pedoman penskoran ( untuk soal uraian)
  6. Penelaahan dan perakitan soal berdasarkan soal beserta kunci jawaban atau pedoman penskorannya.
Maka untuk itu demikian membantu dan mempermudah Bapak/Ibu guru dalam membuat soal, maka gunakanlah aplikasi ini. Karena aplikasi ini memuat sebagai mana terurai dari pemaparan diatas. Aplikasi ini memuat sebagai berikut :
  1. Input Soal Pilihan Ganda
  2. Input Soal Uraian
  3. Kartu Soal Pilihan Ganda
  4. Kartu Soal Uraian
  5. Kisi-kisi Soal Pilihan Ganda
  6. Kisi-kisi Soal Uraian
  7. Naskah Soal Bentuk Jadi
Silahkan bisa di download link bawah ini :


Sekian Postingan dari saya mudah-mudahan berguna dan bermanfaat untuk Bapak/Ibu guru, dalam pembuatan soal tingkat SD/SMP/SMA. Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SOFTWARE APLIKASI UNTUK MEMBUAT SOAL TINGKAT SD/SMP/SMA OTOMATIS"

Posting Komentar