CONTOH FORMAT KEGIATAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN BAGI SISWA

Assalamualaikum. Salam Sejahtera dan Edukasi

Pada kesempatan kali ini saya akan memberithaun kepada Bapak/Ibu guru Contoh Format Kegiatan Remidial dan Pengayaan Bagi Siswa.

Kegiatan Remidial
Pembelajaran Remidial adalah kegiatan pembelajaran yang diberikan kepda peserta didik yang belum mencapai kompetensi minimal dalam satu KD tertentu. Metode yang belum digunakan dalam pembelajaran remidial bervariasi sesuai dengan sifat,jenis,dan latar belakang kesulitan belajar yang dialami peserta didik, tujuan pembelajaran juga dirumuskan sesuai dengan kesulitan yang dialami peserta didik.

Pada pelakasanaan pembelajaran remidial, media pembelajaran harus betul-betul disiapkah guru mempermudah peserta didik dalam memahami KD yang dirasa sulit. Alat evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran remidial pun perlu disesuaikan dengan kesulitan belajar yang dialami peserta didik.

Remidial bukan mengulang tes ( ulangan harian ) dengan materi yang sama, tetapi guru memberikan perbaikan pembelajaran pada KD yang belum dikuasai oleh peserta didik melalui upaya tertentu. Setelah perbaikan pembelajaran dilakukan, guru melakukan penilaian untuk mengetahui apakah peserta didik telah memenuhi kompetensi minimal dari KD yang telah diremidialkan.


Kegiatan Pengayaan
Dalam kurikulum dirumuskan secara jelas KI dan KD yang harus dikuasai peserta didik sesuai dengan alokasi waktu yang sudah ditentukan. Penguasaan KI dan KD setiap peserta didi diukur dengan menggunakan sistem penilaian acuan kriteria (PAK). Jika seorang peserta didik mencapai standar tertentu maka peserta didik dipandang telah mencapai ketuntasan. Oleh karena itu pembelajaran pengayaan dapat diartikan memberikan tambahan/perluasan pengalaman atau kegiatan peserta didik yang teridentifikasi melampaui ketentusan belajar yang ditentukan oleh kurikulum.

Kegiatan pengayaan dilkasanakan dengan tujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperdalam penguasaan materi pelajaran yang berkaiatan dengan materi pelajaran uang sudah maupun yang akan dipelajari sehingga tercapai tingkat perkembangan yang optimal sesuai dengan kemampuannya.

Untuk membantu Bapak/Ibu guru dalam rangka melaksanakan kegiatan remidial dan pengayaan silahkan download formatnya link dibawah ini :


Sekian postingan Contoh Format Kegiatan Remidial dan Pengayaan Bagi Siswa, mudah-mudahan bermanfaat dan berguna untuk Bapak/Ibu guru di sekolahnya. Terima Kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CONTOH FORMAT KEGIATAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN BAGI SISWA"

Posting Komentar